Minggu, 29 Oktober 2017

Percaya Diri Membawa Saya Mengikuti Perkemahan Wirakarya Daerah Jawa Tengah




Pada Jum’at 15 September 2017, saya Cindi Apreliani Citra Ayu (Mentee Gerakan Tunas Bangsa dari SMK 3 Kudus) dan seluruh siswa perwakilan sekolah masing-masing mengkuti seleksi Perkemahan Wirakarya Daerah IX kwartir Daerah Jawa Tengah Kontingen KUDUS. Saya terpilih untuk mewakili Kwarcab Kudus dalam kegiatan ini bersama teman-teman lainnya yang lolos seleksi ketat sebelumnya.

            Setibanya di sanggar Kwarcab Kudus, kami semua kontingen semangat untuk mengikuti seleksi ini. Rasa minder pasti ada ketika menatap semua teman-teman yang memiliki bakat dan kemampuan yang luar biasa dalam bidang kepramukaan. Namun hal tersebut menjadi pacutan semangat untuk saya Pribadi dalam mengikuti seleksi ini. Berbekal persiapan fisik, materi, doa dari orang tua dan rasa percaya diri yang saya punya, membuat saya berani untuk mengikuti seleksi dalam kegiatan ini.


            Beberapa tahapan Tes Seleksi telah saya ikuti dimulai dari Tes Fisik, Tes Tertulis, dan Wawancara. Setelah lama menunggu beberapa hari kemudian akhirnya nama saya tercantum dalam pengumuman di IG DKC Kudus, dan dinyatakan lolos mengikuti PWD JATENG IX. Nama saya berada diantara 20 peserta yang lolos dari 86 peserta seleksi pramuka penegak dan pandega se-Kabupaten Kudus. TC (Training Centre) 12 kali latihan pun saya ikuti dengan penuh semangat untuk bisa memberikan yang terbaik di acara Perkemahan Wirakarya Daerah Jawa Tengah nantinya.

Tanggal 17-23 OKtober 2017 saya pun mengikuti Perkemahan Wirakarya Daerah IX Jawa Tengah Kwartir Daerah Jawa Tengah kontingen Kudus, di desa Karanggadung kecamatan Petanahan Kab, Kebumen.

Selama seminggu saya mengikuti berbagai giat disana, inti dari kegiatan ini adalah berbakti kepada masyarakat. Berikut gambaran kegiatan kamis selama pekemahan berlangsung.
  • Giat Umum (Upacara Pembukaan PWD,Welcoming Party, Rembugan Bareng Mas Ganjar, Pengajian, Pesta Rakyat Wirakarya, Api Unggun Dan Malam Cakra, Upacara Penutupan PWD)
  • Giat Rutin (Korve, Olah Raga, Upacara Pengibaran Bendera, Upacara Penurunan Bendera, Pam Swakarsa)
  • Giat Bakti Fisik (Bedah dan Benah Rumah, Pembangunan Talud, Pembangunan Sanitasi dan Jambanisasi, Pembuatan Fasilitas Desa Ramah Anak, Perbaikan Tempat Ibadah, Bersih Desa)
  • Giat Bakti Non Fisik (Aksi Perlindungan anak dan Gender, Fund Raising, Pemanfaatan Teknologi Tepat Guna, Pembuatan Perpustakaan Desa, Posyandu Lansia, Penanaman Pohon, Jika Aku Menjadi)
  • Giat Keterampilan (Pembuatan Makanan Khas Kebumen, Pembuatan Kerajinan Khas Kebumen, Belajar Tari Khas Kebumen, Pelatihan Penggunaan Radio Lokal, Teknik Pemeriksaan Kesehatan)
  • Giat Wawasan (Jurnalistik, Pramuka Masa Kini, Enterpreneurship, Sosialisasi SOP Gudep Perti, Peningkatan Kualitas PKK, We Are Volunteer, Konvensi Hak Anak)
  • Giat Persaudaraan (Temu Pinsa, Outbond Pantai, Pentas Seni, Permainan Tradisional, Pramuka Mengajar, Anjangsana)
  • Giat wisata (Paket Wisata)
  • Giat Pinkoncab dan Bindamping (Welcome Night, Temu Pinkon, Pelatihan Pembuatan Makanan Khas, Wisata, Workshop, Bedah dan Benah Rumah, Futsal Cup)


Alhamdulillah acara berjalan lancar. Saya bersyukur atas pengalaman ini, karena saya mendapatkan banyak ilmu, teman, dan belajar tentang ilmu kehidupan. Nilai-nilai yang saya miliki semakin kuat dan membentuk karakter diri saya. Percaya diri, pantang menyerah, terus berjuang, memberikan yang terbaik, kerjasama, rendah hati dan terus belajar adalah beberapa hal yang saya dapatkan dan akan terus saya kembangkan.
Share:

0 komentar:

Posting Komentar

Like Fanpages