Selasa, 19 September 2017

Buah Manis dari Sebuah Perjuangan





“HASIL TIDAK AKAN MENGHIANATI PROSES”  sebuah ungkapan yang tidak asing lagi di telinga kita. Tertanam dengan rapi lewat berbagai figur dalam diri kita, ungkapan sederhana yang menjadi sebuah pedoman bagaimana kita bertindak, menghadapi masalah, dan juga bagaimana kita melakukan hal terbaik dalam usaha berjuang. Terkadang kita terlena dan mudah menilai sebuah hasil tanpa melihat bagaimana latar belakang proses tersebut. Manakah yang penting? Proseskah? Hasilkah?

Hari itu merupakan sebuah kejutan bagi saya berkesempatan menduduki peringkat yang mana peringkat tersebut adalah peringkat yang di idam-idamkan oleh semua peserta lomba esai. Sebuah harapan yang hampir sirna karena kelalaiannya saya sendiri. Waktu itu saya terlambat mengirimkan karya saya dari dateline yang sudah ditentukan oleh panitia. Perasaan kecewa sempat menghampiri karena sudah jauh-jauh hari saya mempersiapkan semuanya. Hanya karena kurang teliti membaca waktu yang ditentukan oleh panitia untuk pengiriman karya masing-masing peserta. Entah kenapa diri ini tidak bisa menerima dan menyerah begitu saja, setelah sempat menghubungi panitia penyelenggara dan saya dapatkan  jawaban dengan lembutnya kalau sudah ditutup terdengar begitu renyah dengan selingan kata penyemangat. Akan tetapi dengan bermodal nekad dan didukung oleh keyakinan yang kuat saya berusaha memperjuangkan apa yang sudah saya usahakan, tidak ada perasaan ragu sedikitpun untuk mengirimkan karya saya walaupun saya tau saya sudah terlambat dan panitia sudah menutupnya.

Sebuah momen indah saya dapatkan dengan penuh rasa syukur saya ikut berpartisipasi dalam event Pekan Inspirasi Kudus dalam mata lomba menulis esai. Pada dasarnya semua yang kita lakukan dengan dasar kebaikan dan niat yang benar sekecil apapun tidak akan sia-sia, hari ini, esok, ataupun lusa pasti kita akan memanennya. Nikmati setiap proses yang kita jalani dan lakukan dengan sungguh-sungguh karena disitu pula kita dinilai seberapa pantaskah kita mendapatkan hasil yang kita inginkan. Jangan takut mencoba karena menoba merupakan pembelajaran hidup yang sangat berharga untuk meng-upgrade diri kita, jangan takut salah karena lewat kesalahan lah kita belajar arti pantang menyerah, kalau gagal langsung hijrah putar haluan mencapai yang lebih tepat untuk diri kita. Proses lebih penting karena kembali ke awal bahwa “HASIL TIDAK AKAN MENGHIANATI PROSES”.

Penulis :
Setya Wardani (Mentee Gerakan Tunas Bangsa)



Share:

0 komentar:

Posting Komentar

Like Fanpages