Minggu, 28 Mei 2017

Kupas Kiat Lolos Seleksi Wawancara



Gerakan Tunas Bangsa kembali mengadakan  sebuah  acara. Kali ini Gerakan Tunas Bangsa menggelar acara seminar yang membahas tentang materi wawancara yang diadakan pada tanggal 25 Mei 2017. Mengingat pentingnya sebuah tahapan wawancara dalam seleksi kerja dan beasiswa maka sangat diperlukan kiat khusus agar dapat lolos pada tahap berikutnya. Seminar yang mengangkat tema Mengenal Wawancara dan Kiat Sukses Lolos Wawancara Kerja, Kuliah, dan Beasiswa ini diselenggarakan  di SMK Wisudha Karya Kudus. Acara tersebut terbuka untuk umum dan  dihadiri sekitar 80 orang peserta.


Seminar yang dibuka pada pukul 14:00 itu menghadirkan pembicara Suhariyanto Putra yang merupakan seorang trainer,motivator,assessor, HR praktisi,dan Alumni Indonesia Mengajar. Acara diawali oleh pembukaan dari Mentee Tunas Bangsa sebagai Master of Ceremony Aulin Nurulia dan Setya Wardani. Kemudian dilanjutkan pemaparan tentang pengenalan Gerakan Tunas Bangsa oleh M. Fais Yusron dan Achyar Mabruri, keduanya juga merupakan Mentee Tunas Bangsa 2015.


























Acara inti, penyampaian materi seminar  oleh Suhariyanto Putra dengan moderator Ahmad Sa’dun dan Lana Alfiyana. Pembicara yang juga merupakan founder Gerakan Tunas Bangsa ini menyampaikan kiat untuk dapat mempresentasikan diri kita dengan baik saat wawancara berlangsung. Pembicara juga menyampaikan hal yang perlu dipersiapkan dan yang harus dilakukan saat wawancara. Untuk menjawab pertanyaan wawancara pembicara memaparkan tentang teknik  STAR. Teknik ini merupakan sebuah akronim yang terdiri atas beberapa langkah. Huruf S untuk Situation cara menjawab dengan menceritakan pengalaman terkait topik tertentu. T untuk Task dengan menjelaskan tugas yang berhubungan dengan situasi yang sudah dijelaskan.  Selanjutnya, menjelaskan langkah nyata untuk menjawab situasi dan tugas yang telah diselesaikan merupakan  teknik A untuk Action. Dan terakhir, R untuk Result yaitu menjelaskan hasil dari action yang sudah dilakukan.



Dengan adanya seminar ini, diharapkan peserta dapat mampu mengikuti seleksi wawancara dengan baik  dan dapat lolos dalam tes kerja maupun bersaing untuk memperebutkan beasiswa. Peserta mengikuti seminar dengan penuh antusias, dan seminar ini berlangsung secara tertib.  Terakhir acara ditutup oleh sesi tanya jawab antara peserta dan pemateri.



Share:

0 komentar:

Posting Komentar

Like Fanpages