Kamis, 31 Maret 2016

Cerita Tentang Tunas Bangsaku, Mana Tunas Bangsamu?

Oleh : Muh Fais Yusron , Mentee Gerakan Tunas Bangsa 



Saat membaca judul ini, pasti teman-teman bertanya-tanya, apasih tunas bangsa? Coba saya jelaskan sedikit ya!!

Gerakan tunas bangsa adalah sebuah gerakan social dimana saya menjadi mentee (siswa-siswi) yang diberikan kesempatan untuk belajar, mengembangkan diri sekaligus berkontribusi nyata dengan para relawan keluarga tunas bangsa. Selain mentee, ada juga mentor (donatur), fasilitator (pengurus) dan relawan lainnya. Gerakan ini menjadi wadah pengakomodir kepentingan donatur yang peduli dengan dunia pendidikan di daerah kudus dan sekitarnya, mampu memberikan apresiasi, perhatian sekaligus bukti nyata kepedulian yang dirasakan siswa-siswi.

Hadirnya tunas bangsa ini mencoba membantu agar siswa-siswi bisa berprestasi baik dalam bidang akademik sekaligus aktif dalam kegiatan organisasi untuk mengembangkan leadership mereka. Tujuan Jangka panjangnya nanti mereka nanti bisa mendapatkan beasiswa untuk pendidikannya sendiri ditingkat yang lebih tinggi. Kepedulian, keinginan dan kerjasama dari anda semua merupakan langkah nyata membantu merajut mimpi dan masa depan tunas bangsa indonesia untuk meraih cita-cita mulianya.

Dalam gerakan ini kami (mentee) mendapatkan beberapa fasilitas pendidikan, seperti dana pembinaan pendidikan, mentoring belajar, informasi-informasi tentang beasiswa, diberikan cara mencari beasiswa dan info mengenai PTN / PTS, pengembangan public speaking, test psikologi know your personalities, dan masih banyak lagi .

Kemarin hari jumat, 25 maret 2016 . Kami para mentee mendapatkan sesi pengembangan berupa public speaking dan know your personalities .

Dalam sesi pengembangan public speaking , kami semua mendapatkan mentoring dari kak miya. Kak miya membantu mengajarkan kepada kami semua tentang cara-cara bicara di depan umum yang intinya adalah hindari blank word, lakukan eye contact dan gesture. Jelas sekali perubahan kami semua berbicara sebelum diberi materi dan sesudah diberi materi oleh kak miya. Terimakasih Kak Miya!! Hasilnya kami bisa menerapkannya didalam kehidupan kita khususnya bagi kita yang memang sudah dituntut untuk bisa berbicara didepan .

Sebelumnya oleh kak suhar, kami diberikan penjelasan bahwa karakter kepribadian orang itu berbeda-beda. Kami dijelaskan konsep DISC secara umum dan kami dibimbing untuk mencoba menilai diri masing-masing, mana yang lebih sesuai dengan diri kita. Sesi ini mengajak para mentee untuk lebih mengenal dirinya, menggali kelebihan serta mengenali kekurangannya. Harapannya ketika nanti mengambil jurusan kuliah bisa lebih sesuai dengan karakter kepribadian atau minat kita.

Setelah semuanya usai kami semua mendapat kan sekali banyak manfaat dari satu hari ini. Terima kasih keluarga besar tunas bangsa . Kami jadi lebih dekat dengan kakak-kakak mentor dan para mentee lainnya.

Diakhir acara kita bisa berfoto ria bersama-sama . walaupun dalam kondisi yang basah setelah hujan Dan semoga hari itu menjadi hadi yang penuh manfaat, dan barokah bagi hidup kami semua nanti.

Karena sebaik-baiknya manusia adalah yang memberi manfaat bagi manusia lainnya.

Salam tunas bangsa.

Proud to share
Share:

0 komentar:

Posting Komentar

Like Fanpages