Kamis, 31 Maret 2016

Serunya Sesi Pengembangan Diri Public Speaking & Know Your Personalities Gerakan Tunas Bangsa!



Kudus (25/3) bertempat di SMP Negeri 2 Kudus, Gerakan Tunas Bangsa kembali menggelar pertemuan rutinnya. Acara dimulai pukul 08.30 WIB, dihadiri oleh 19 Mentee dan pengurus, acara tersebut merupakan rangkaian sesi pengembangan diri. Sesi ini dibagi menjadi 2 kelompok yakni kelompok Sekolah Menengah Pertama dan kelompok Sekolah Menengah Atas. Alasan Tunas Bangsa membagi menjadi dua kelompok karena kedua jenjang tersebut memiliki karakteristik yang berbeda dan pengalaman yang berbeda. Dengan pemisahan tersebut, Tunas Bangsa ingin mentee lebih percaya diri karena belajar dengan rekan sebayanya.

Terdapat dua materi yang akan dipelajari, yaitu Psikologi dan Public Speaking. Materi Public Speaking disampaikan oleh Lamiyatus Zahro, sedangkan materi Psikologi disampaikan oleh Suhariyanto. Sesi pengembangan ini diharapkan mampu memberikan bekal kepada Mentee Gerakan Tunas Bangsa untuk berbicara di depan umum,membuat sesi impresi yang bagus dan cara meyakinkan audience. Tak hanya itu, dengan berbekal pengetahuan tentang konsep kepribadian, menambah kepercayaan diri sekaligus mengetahui cara menghadapi audience dengan berbagai karakter.

Materi Public Speaking ini mengajarkan kepada mentee untuk berani berbicara di depan umum dengan penuh percaya diri sekaligus memberikan kesan positif kepada audiences. Mentee diberikan pembekalan beberapa tips dalam public speaking seperti kontak mata, gerakan tangan, intonasi suara, kecepatan suara dalam mendukung penyampaian pesan yang disampaikan. Di akhir sesi, para mentee diberikan kesempatan untuk praktek langsung berbicara di depan teman-temannya dengan mengaplikasikan ilmu yang sudah mereka terima.

Sesi tentang pengenalan kepribadian juga tak kalah menarik. Para mentee dikenalkan dengan konsep kepribadian DISC sekaligus diberikan kesempatan untuk menilai dirinya sendiri, karakter mana yang dominan dalam dirinya. Sesi dilanjutkan dengan sesi diskusi bersama tentang karakter diri masing-masing sekaligus area pengembangannya termasuk jurusan sekolah atau kuliah yang sesuai dengan karakter diri masing-masing.


Di akhir sesi, Mentee menuliskan kesan dan pesan yang didapatkan seusai mengikuti sesi pengembangan diri. Mentee menulis pada selembar kertas. Mereka merasa materi yang diajarkan mampu membangun kepercayaan diri,membangun kemampuan beradaptasi, dan meningkatkan kemampuan berbicara di depan umum."Materi yang saya pelajari hari ini,dapat saya terapkan dalam mengisi berbagai kegiatan di sekolah" tulis Fais,pelajar kelas XI MA NU Tbs.


Share:

0 komentar:

Posting Komentar

Like Fanpages