Minggu, 22 April 2018

Rencana Terbaik Tuhan


Berawal dari beberapa Organisasi  yang saya ikuti di kelas X seperti; OSIS, Pramuka, PBN, dan lain-lain. Dari sinilah saya mulai menerapkan apa saja yang telah di ajarkan di Tunas Bangsa. Saya mulai berani bertanya dan mengungkapkan pendapat saya, terkadang faktor malu, takut salah, dan takut terhadap senior sering mengganggu fikiran saya. Di organisasi Pramuka memang terdapat beberapa senior yang  amatlah baik, hingga beberapa teman menganggap “apa karena dia penggalang garuda di SMP? sehingga dinomor satukan disini”. “Mungkin hanya lencana garuda yang ia kenakan, tapi apakah kualitasnya sebaik dari apa yang ia kenakan?”. Awal dari perjalananku di SMK yang penuh dengan orang-orang hebat dan orang-orang yang meragukanku.

Benar ini baru awal, sehingga mereka melihat sisi luarku. Dari perkataan merekalah yang membuat “Saya harus melakukan kinerja yang baik di Organisasi ini”. Beberapa bulan kemudian diadakannya Pemilihan Calon Ketua OSIS SMKN 3 Kudus tahun 2016, melihat 3 foto kandidat terpajang di mading sekolah, dalam hati saya berkata “kapan saya akan seperti mereka?”. Sejak itu saya mulai fokus dengan tanggung jawab saya sebagai sekretaris OSIS di kelas X, tak lupa mengimbangi dengan tugas di ambalan sebagai Kerani. ‘Sama-sama bergelut di bidang Administrasi sungguh kebetulan yang indah’.

Waktu terus berlalu dengan cepat tanpa disadari, belajar, belajar, dan belajar dalam segala aspek. Hingga tiba saatnya untuk pemilihan ketua OSIS SMKN 3 KUDUS tahun pelajaran 2017/2018. Dan tak kupercaya bahwa namaku yang menjadi usulan ketua Osis periode lalu. Sungguhkah ini sebuah jawaban dari pertanyaanku?


Cindi menjadi salah satu kandidat ketua OSIS SMK 3 Kudus


Dan benar inilah yang terjadi, menjadi kandidat Calon Ketua Osis di periode ini. Semangat dalam berorganisasi pun semakin bertambah saat itu, siapapun yang akan terpilih nantinya saya akan siap menerima. Menjadi salah satu kandidat saya sudah sangat bersyukur, namun bukan alasan untuk  cepat puas akan apa yang belum didapatkan. Persiapan mulai dari visi misi, kampanye, dan mental tentunya. Bagaimana organisasi kedepannya, akan saya bawa kemana dan saya apakan jika saya terpilih. Hingga saat hari pemilihan pun telah tiba, alur pemilhan yang dilalui dengan lancar. Perhitungan suara pun dilakukan dan mendapatkan hasil akhir :
  1. Achmad Mukhoffifin                      : 176 suara
  2. Cindi Apreliani Citra Ayu N.N       : 351 suara
  3. Bagas Adi Saputra                          : 441 suara

Jelas siapa yang terpilih menjadi ketua osis periode ini, bukanlah hal yang terlalu saya pikirkan mengenai kegagalan ini.

Setelah beberapa bulan move on dengan kegagalan, akhirnya persiapan dan pematangan kelomppok teaterku berbuah hasil saat itu. Ini hasil jerih payah kami latihan beberapa minggu yang sangat menguras energi. Semoga ini tidak membuat kami tinggi hati dan puas diri.


Dan benar beberapa bulan kemudian kembali saatnya pemilihan Pradana di Ambalan. Dan tak pernah terpikirkan bahwa sayalah yang mendapat suara tertinggi di antara kandidat lain. Tepat tanggal 21 Desember 2017 pelantikan dilaksanakan di SMKN 3 KUDUS.

Pelantikan Pradana Ambalan SMK 3 Kudus.

Sebuah kesempatan yang digantikan kesempatan lain yang lebih berharga, semangat baru dan tanggung jawab lebih yang kupikul dalam organisasi ini. Dengan mengerahkan segala pikiran, ilmu, tenaga, kepengurusan yang terencana dan terarah. Sembari terus bertumbuh menjadi lebih baik, sikap senang mendelegasikan dan mengerjakan sesuatu untuk tim (anggota) tidak akan mengurangi jatah rezeki dan ilmu yang berkah untuk saya. Sekarang saya yakin bahwa Tuhan memiliki rencana terbaik untuk masing-masing umatnya, hanya saja seberapa besar kita menghadapi tantangan yang berliku dan sabar untuk menghadapi.

Saya masih belajar untuk ini, dan perlahan saya akan mampu dengan semua itu. Saya yakin saya bisa dan kalian bisa lebih dari saya! yakin akan kemampuan yang kita miliki.

Karya : Cindi Apreliani Citra Ayu Neng Nera
(Mentee Gerakan Tunas Bangsa)

Share:

0 komentar:

Posting Komentar

Like Fanpages