Rabu, 04 Mei 2016

Resolusi Untuk Perubahan


Oleh: Muhammad Fais Yusron

Mentee Gerakan Tunas Bangsa

MA NU TBS Kudus

      

Dalam tulisan ini, saya ingin mengajak pembaca untuk berdiskusi tentang arti resolusi, kenapa orang sibuk membuat rosolusi, apa tujuan, manfaat dan keuntungan resolusi tersebut?

Menurut kamus besar Bahasa Indonesia, resolusi berarti putusan atau kebulatan pendapat berupa permintaan atau tuntutan yang ditetapkan oleh rapat (musyawaroh, sidang); pernyataan tertulis, biasanya berisi tuntutan tentang suatu hal. Jika kita lihat arti resolusi tersebut saya bisa menarik benang merah dalam beberapa kata kunci, yaitu “permintaan, tuntutan” baik itu oleh orang lain atau diri sendiri. Dengan kata lain resolusi menuntut kita untuk mencapai sesuatu yang sudah kita buat.

Dalam tulisan saya ini, saya akan membahas tentang resolusi hidup. Mungkin kita sering membuat resolusi akhir tahun dimana berisikan goal/target yang ingin kita capai selama setahun mendatang. Lalu, apakah hal itu penting untuk kita? Apa makna resolusi tersebut?

Secara singkat dapat saya jelaskan bahwa resolusi adalah tujuan atau sesuatu yang hendak kita capai untuk tahun-tahun ke depan. Resolusi biasanya berisikan tujuan, target, goal yang hendak kita capai. Jadi dengan adanya resolusi bisa menjadi panduan sekaligus pengingat dan penguat tekat kita untuk mencapai target/goal yang telah kita buat.

Lalu, apa manfaat dan keuntungan yang kita dapatkan dengan beresolusi? Keuntungan yang paling utama yaitu menjadikan hidup kita mempunyai tujuan yang terarah. Kalau kita membaca buku-buku tentang motivasi, sering kan kita dianjurkan untuk membuat resolusi? Jadi yang belum membuat resolusi hidup, belum terlambat untuk membuatnya. Perlu diketahui resolusi itu bukan hanya untuk 1 tahun mendatang tetapi bisa juga untuk lima atau sepuluh tahun mendatang atau bahkan beberapa puluh tahun kedepan sesuai dengan keinginan kita. Hal yang tidak kalah penting adalah melihat dan merenung kembali setiap tahun terhadap apa yang sudah kita capai dan apa yang belum sehingga kita bisa memperbaiki diri kedepannya.

Setelah kita berdiskusi panjang lebar tentang resolusi, mari kita cermati bersama, apa hubungan resolusi dengan perubahan? Tentu keduanya sangat erat hubungannya, karena resolusi dapat diartikan juga sebagai perubahan. Berresolusi akan mendorong kita untuk berubah. Perlu dipastikan bahwa resolusi harus disertai dengan usaha supaya kita dapat berubah dengan meraih resolusi yang telah kita buat. Jika kita berhasil meraihnya, tentunya perubahan otomatis terjadi.

Resolusi sangat penting untuk kita miliki, jika kita tidak memiliki resolusi, hidup kita akan terasa seperti tanpa tujuan. Bayangkan saja orang yang hidup tanpa tujuan, mereka akan bingung sendiri kemana mereka akan melangkah, tidak ada yang dituju, hari demi hari mereka lalui dengan sama saja, tanpa ada perubahan. Berbeda dengan orang yang punya resolusi, mereka akan memiliki prinsip “hari esok harus lebih baik dari hari ini”. Mereka menjalani hidup dengan penuh keinginan, harapan, dan cita-cita untuk berubah menjadi lebih baik sehingga mereka lebih bersemangat untuk menjalani hidup.

Sebagai seorang yang baik kita harus berresolusi! karena orang yang berresolusi hidupnya akan mempunyai tujuan yang terarah dan mempunyai semangat untuk berubah menuju yang lebih baik. Salah satu cara untuk mewujudkan resolusi kita ialah kita harus mempunyai target waktu kapan kita akan mewujudkannya. Target inilah yang akan memacu semangat kita untuk terus belajar. Kitapun akan terdorong untuk dapat meraih target dengan berusaha dan berdoa sekuat tenaga agar target tersebut dapat tercapai dengan baik atau kita dapat meraih apa yang kita inginkan.

Dalam hal membuat target, kita tidak boleh asal. Kita harus menyesuaikan dengan kemampuan kita (realistis) sehingga tidak menjadi beban ataupun membelenggu diri kita karena tidak sesuai dengan kemampuan kita. Hal yang paling dibutuhkan dalam mencapai target kita yaitu istiqomah. Konsisten setiap hari kita jalankan, walaupun itu hanya hal-hal yang kecil atau remeh, karena pepatah mengatakan “sesuatu yang besar itu berasal dari hal-hal yang kecil”. dengan hal kecil atau remeh inilah kita dapat terpacu untuk melaksanakan hal yang lebih besar atau hal yang lebih baik. Maka disinilah kita akan merasa lebih mempunyai tujuan hidup dan hari demi hari akan kita lalui dengan penuh perubahan dan penuh perkembangan.

Resolusi akan berjalan baik jika kita iringi dengan ikhtiar. Jika kita tidak berikhtiar terhadap resolusi itu, maka resolusi kita hanya seperti sebuah resolusi belaka, yaitu resolusi yang tidak berjalan dan resolusi yang tak tercapai. Kita hanya bisa mengangan-angan akan resolusi kita saja, tanpa bisa mencapainya. Maka dari itu ikhtiar sangatlah penting, dengan berikhtiar resolusi terapai, perubahan yang lebih baikpun kita dapatkan.

Namun, ikhtiar saja tidak cukup karena ikhtiar tidak lantas menjamin segalanya. yang kita perlukan setelah ikhtiar yaitu tawakkal. Setelah kita kerahkan semua kemampuan kita untuk mensukseskan resolusi kita, kita harus menyerahkan semuanya kepada Allah, karena Allah lah yang mempunyai hak & kuasa atas semua ini. jika Allah mengizinkannya, maka semua resolusi kita akan berjalan dengan baik, namun sebaliknya jika Allah tidak menghendakinya maka resolusi itu akan tidak berjalan dengan baik. Mungkin ada hal yang lebih baik dan lebih pantas untuk kita yang mana hal ini hanya diketahi oleh Allah karena pastilah Allah akan memberi apa yang terbaik untuk hambanya dan Allah lebih mengetahui apa yang tidak kita ketahui.

Jika bisa kita simpulkan, hal-hal yang terpenting agar resolusi kita dapat berjalan dengan baik yaitu ISTIQOMAH, IKHTIAR & TAWAKKAL. Mari kita buat resoulusi hidup kita, agar mempunyai perubahan yang lebih baik.


“believe your self  and be excellent”

Sumber: isi pikiran si penulis

Share:

0 komentar:

Posting Komentar

Like Fanpages