Rabu, 09 Desember 2015

Profil Mentee : Ucca Amanda Larasati

Ucca Amanda Larasati lahir di Kudus, Jawa Tengah, tanggal 3 Maret 1999. Pada saat berusia 3 tahun, ayah dan ibunya memutuskan untuk berpisah. Dengan penuh kesabaran ibunya harus merangkap tugas menjadi ibu rumah tangga sekaligus menjadi kepala keluarga untuk mencukupi kebutuhan hidup.

Ketika SD, Ucca sempat berpindah-pindah sekolah. Ucca bersekolah di SD 1 Barongan hingga kelas IV SD, kemudian memutuskan untuk keluar dengan alasan tidak ada yang mengurus keperluan sekolah karena ibunya telah memiliki keluarga baru. Hingga pada saat itu, ia hanya tinggal berdua dengan nenek dan masih tetap hidup dengan penuh kesederhanaan. Setelah keluar, ia pindah ke SD 1 Kajeksan, selama bersekolah di sana ia merasa kurang nyaman dengan lingkungan tersebut, akhirnya dalam waktu 1 minggu ia pindah di SD Krandon, sebuah sekolah kecil dan hanya memiliki jumlah siswa yang tidak banyak, namun di sana ia merasa senang karena telah merasakan kasih sayang dan kekeluargaan yang baik dari bapak ibu guru yang telah mengabdi menyumbangkan ilmu.

Selesai mengenyam pendidikan dasar, akhirnya dengan penuh perjuangan, ia mendapatkan beasiswa untuk bersekolah di SMP 2 Kudus. Di sana ia telah mengikuti berbagai macam kegiatan lomba dan disitulah awal ia diperkenalkan tentang keorganisasian hingga pada akhirnya ia terpilih menjadi ketua OSIS SMP 2 Kudus dengan cara demokrasi.

Setelah menyelesaikan pendidikan SMP, ia melanjutkan studi ke SMA 1 Kudus dan mendapatkan beasiswa dari pemerintah. Dengan modal pengalaman bidang organisasi, ia mendapat kepercayaan lagi untuk mengemban tugas sebagai wakil bendahara OSIS SMA 1 KUDUS saat masih kelas X dan menjabat sebagai bendahara OSIS SMA 1 KUDUS saat kelas XI.

Selain aktif di kegiatan intra sekolah, ia juga aktif dalam kegiatan Pramuka di Kwarcab Kudus, kegiatan pariwisata dari Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Kabupaten Kudus serta mendapat amanah untuk menjadi sekretaris Paguduwiku (Paguyuban Duta Wisata Kabupaten Kudus). Berbagai macam aktivitas yang dikerjakannya membawa Ucca meraih banyak sekali penghargaan dan prestasi. Pernah mendapatkan juara I Baris berbaris tingkat Kabupaten Kudus, Juara III lomba “Pelajar Berbaris Se-Jawa Tengah dan D.I Yogyakarkata” yang diselenggarakan oleh Panglima Komando Daerah Militer IV/ Diponegoro bekerja sama dengan Dinas Pendidikan Pemuda dan Olahraga Provinsi Daerah Istimewa Yogyakarta pada tahun 2013, Juara lomba mendongeng Jawa, pembawa acara, seni geguritan, catur, festival music, senam kesejahteraan jasmani, turlantas dan meraih harapan II pemilihan duta wisata Kabupaten Kudus. Selain itu, dia pernah mengikuti Jambore Daerah dan Pramuka Garuda tingkat Jawa Tengah.

Berbagai pelatihan kepemimpinan sekaligus keaktifan organisasi menjadikan Ucca menjadi pribadi yang matang, disiplin dan pantang menyerah. Ucca merasa bahwa perjuangan hidup sangatlah berat dan oleh karena itu layak untuk diperjuangkan. Ia berjanji akan tetap bersabar dalam menghadapi segala cobaan agar kelak menjadi generasi muda yang dapat membanggakan keluarga, berguna bagi Nusa dan Bangsa serta dapat mengharumkan Tanah Air Indonesia.

Share:

0 komentar:

Posting Komentar

Like Fanpages